Home » » TERANGI DESA KAMI

TERANGI DESA KAMI

Hak Cipta By : gemasaijaanonline Posting Hari : Minggu, 03 Februari 2013 Jam : 12:25:00 PM


Desa kami bernama desa Tebingtinggi kecamatan kelumpang Tengah Kabupaten Kotabaru. Di desa kami belum masuk PLN (Perusahaan Listrik Negara). Sudah bertahun-tahun kami hidup di desa dari dulu hingga di era modern ini belum ada PLN masuk. Desa kami masih menggunakan (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel) dan itu hanya menerangi pada malam hari saja. Pada awalnya orang-orang yang dianggap mampu membeli mesin diesel, mereka membeli mesin tersebut dan digunakan sebagai alat penerang, terkadang mereka menggunakannya individu, tetapi ada pula yang menggunakan secara bersamaan. Yakni mereka menyalurkan listrik tersebut kepada tetangga – tetangga disekitar rumah yang tidak memiliki mesin tersebut. Mereka menyalakan diesel tersebut dari jam 6 sore hingga  jam 12 malam, selebihnya itu mereka menggunkan lampu minyak tanah, lampu petromaks, karena untuk menghemat solar.
Hal itu berjalan hingga duapuluh tahunan lebih hingga kini desa kami masih menggunakan PLTD, tetapi berbeda sedikit, sekarang desa kami menggunkan PLTD yang besar yang dikordinir oleh satu orang dan disambungkan kerumah-rumah warga. Perkembangan tersebut berdasrkan usulan dari warga desa kami. Meskipun desa kami sudah memiliki mesin diesel yang besar, namun hal tersebut belum cukup memenuhi kebutuhan masyarakat akan listrik. Karena mereka hanya menyalakan pada jam 6 sore hingga jam 6 pagi saja. Karena terkendala dengan bahan bakar solar sebagai bahan bakar mesin diesel yang harganya juga mahal.
Problem lain yakni harga bulanan listrik yang harus dibayar ke pengurus PLTD yakni sebesar Rp. 155. 000, 00 bagi pengguna lampu saja, berbeda pembayarannya jika menggunakan alat elektronik yang lain. Akan dikenai tambahan biaya lagi. Sangat berbeda jauh jika menggunakan listrik dari PLN. Masalah ini sangat berat dirasakan oleh kaum kecil yang bermata pencaharian sebagai Petani/ peladang, buruh perkebunan, pedagang kecil. Karena mereka harus mengeluarkan uang sebesar itu untuk kebutuhan listrik untuk menerangi rumah-rumah mereka.
 Sangat ironis sekali melihat hal tersebut, karena di daerah sekitar tebingtinggi kaya akan Tambang Batubara yang dikuasai oleh perusahaan-perusahaan asing, yang sangat menguntungkan Negara, tetapi mengapa hak rakyat belum terpenuhi secara baik. Meskipun tidak memungkiri banyak perkembangan lain, semisal dibidang pertanian dan perkebunan. Namun hal yang paling penting yakni adanya penerangan yang lebih memadai dari Pemerintah. Karena dengan adanya kemajuan dalam hal penerangan, akan memajukan dalam bidang apapun. Ekonomi, sosial dan budaya. Dengan adanya kelengkapan dalam bidang penerangan maka akan menciptakan lapangan kerja baru dan sangat membantu dalam bidang ekonomi dan sektor lainnya. Terimakasih…..

- Penulis : Ike June - Editor : Erwin - Sumber : Aspirasi RAKYAT
Share this article :

0 komentar:

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

Komentar Anda Kami Anggap SPAM Bila Mengandung Unsur SARA, Pornografi, DLL ... !

Pilih Bahasa

 
Address : Jl.Jendral Sudirman No.82 Kabupaten Kotabaru
Telphone : 0812 5138 5020
Em@il : gemasaijaan@gmail.com
Website : www.gemasaijaanonline.info
Copyright © 2011-2019. Gema Saijaan Kotabaru Online - All Rights Reserved