Home » » Indocement Kembali Latih UMKM Desa Binaan

Indocement Kembali Latih UMKM Desa Binaan

Hak Cipta By : gemasaijaanonline Posting Hari : Rabu, 30 Januari 2013 Jam : 6:08:00 PM



GEMA - PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Pabrik Tarjun Kotabaru kembali memberikan pelatihan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pembuatan Roti dan Kue Tahap II, khususnya para usaha kecil dan ibu rumah tangga di sekitar lingkungan operasional perusahaan.

Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari didampingi Instruktur yang berpengalaman yang sukses dengan usaha ini, acara dilaksanakan di Gedung Serba Guna Desa Sungai Kupang Kec.Kelumpang Hulu, diikuti 40 Peserta dari Desa Sungai Kupang, Desa Sidomulyo, Desa Cantung Kiri Hilir serta Desa-Desa sekitar lainnya.

Materi yang disampaikan adalah Pengenalan bahan-bahan dasar, jenis-jenis Roti, jenis-jenis kue, jenis-jenis peralatan yang diperlukan dan tata cara pembuatan dan bentuk kue serta kemasan dan pemasarannya.

Instruktur Pelatihan, Syafik Sofia menjelaskan ”Pelatihan ini adalah yang kedua, berupa Pembuatan Roti dan Kue. Yang di awali dengan pengenalan bahan dan jenis-jenis Roti dan kue yang akan dibikin, jenis-jenis Peralatan yang diperlukan, dan tata cara membuat serta tata cara pengolahan yang langsung dipraktekkan.

Seorang peserta, Rinawati dari Desa Sungai Kupang, mengatan yang kan ”Pelatihan ini cukup bagus dan mudah dipahami karena lebih banyak prakteknya daripada teori, pelatihan ini tidaklah sulit kami lakukan karena lebih banyak pada pekerjaan di dapur tentunya pas buat kami ibu-ibu dan dapat menjadi usaha tambahan untuk biaya rumah tangga”.

Rinawati melanjutkan “Kerajinan ini juga dapat mengisi waktu luang setelah kegiatan rutin di rumah dan harapan kami perusahaan terus melanjutkan program pelatihan kemasyarakatan seperti ini guna meningkatkan usaha kecil dan rumah tangga”.

Head CSR Indocement Pabrik Tarjun, Yanuar Arif Mengatakan ”perusahaan menggelar pelatihan ini dengan tujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat pedesaan sekitar operasional pabrik, melalui Pilar Pendidikan dan Pilar pembangunan Ekonomi terkhusus ekonomi yang terkait dengan usaha mikro atau usaha kecil termasuk kerajinan lokal agar terciptanya UMKM baru guna menciptakan lapangan kerja baru”

Dia berharap, diberikannya pelatihan ini kepada masyarakat agar nantinya berguna bagi usaha mereka dan seperti disebutkan diawal tadi bahwa kegiatan ini termasuk 2 pilar pembangunan yakni pendidikan dan ekonomi kemasyarakatan dari 5 pilar pembangunan yang menjadi sektor prioritas serta merupakan program CSR Indocement, dengan tujuan perusahaan berharap adanya peningkatan perekonomian dimasyarakat sekitar”, demikian Yanuar.

Kegiatan ini merupakan realisasi dari Pilar Pendidikan dan Pilar Ekonomi, dua  dari 5 pilar yang mendasari Program Bina Lingkungan sebagai bagian dari Program Corporate Social Responsibility (CSR) Produsen semen merk tiga roda tersebut. Dan sebagai upaya untuk menciptakan unit-unit Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di bidang kerajinan di daerah Tarjun Langadai dan sekitarnya, serta aplikasinya kepada desa-desa binaan lainnya sekitar operasional pabrik untuk dikembangkan.






- Penulis : Humas ITP Tarjun - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share this article :

0 komentar:

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

Komentar Anda Kami Anggap SPAM Bila Mengandung Unsur SARA, Pornografi, DLL ... !

Pilih Bahasa

 
Address : Jl.Jendral Sudirman No.82 Kabupaten Kotabaru
Telphone : 0812 5138 5020
Em@il : gemasaijaan@gmail.com
Website : www.gemasaijaanonline.info
Copyright © 2011-2019. Gema Saijaan Kotabaru Online - All Rights Reserved