Selasa, 29 Mei 2012

Kelas Aksel SMASA Rayakan Kelulusan UN di Panti Asuhan

Kelas Aksel SMASA Rayakan Kelulusan UN di Panti Asuhan


GEMA - Berbagi kebahagian dengan warga kurang beruntung kiranya patut ditiru rekan siswa lainnya. Merayakan lulus ujian nasional (UN) tidak perlu hura-hura dengan konvoi kendaraan di jalan raya ataupun aksi mencoret baju seragam.

Siswa akselerasi SMA Negeri 1 Kotabaru contohnya, merefleksikan rasa syukurnya dengan mendatangi Panti Asuhan Al Istiqomah di jalan Bima Kotabaru, Sabtu (26/5). Hal ini dilakukan setelah mereka dinyatakan lulus (UN) dan mengikuti pengukuhan alumni di sekolahnya.

“Kami dari kelas aksel ingin kebahagiaan yang dirasakan pada hari ini dapat pula menular kepada warga panti,” kata Aldiki mewakili rekannya. Tak lupa juga ucapan terima kasih ditujukan kepada seluruh dewan guru yang telah membimbing dalam proses belajar mengajar sampai mendapat gelar alumni di sekolah kebanggaannya.

“Semoga kelak kalian semua mendapatkan prestasi yang lebih baik lagi, kata pengelola panti asuhan Abdur Rahman yang berharap, mereka semua mendapatkan kebaikan dari apa yang disumbangkan dengan keikhlasan sebagaimana janji Allah SWT, dan mengabulkan cita-cita bahkan lebih dari cita-cita tersebut, sebagaimana diceritakannya kerang mutiara yang tidak ingin hanya jadi kerang rebus.

Ika Anggawati sebagai guru mantan siswanya mengatakan bahwa sebanyak 38 orang siswa dari kelas akselerasi lulus semuanya, termasuk peserta UN dari SMA Negeri 1 Kotabaru lulus 100 %.

“Apa yang dilakukan di Panti Asuhan hendaknya menjadi tauladan bagi siswa lain nantinya, kata Ika Anggawati. Dia juga menitipkan harapan agar selepas dari SMA, dapat meraih impian untuk masa depannya.

Dalam kesempatan ini diantara siswa menyuguhkan hiburan buat guru dan teman-teman lainnya sembari memberikan bingkisan kepada warga panti. (sfr)

Turnamen Sepakbola Antar Kecamatan Meriahkan Harjad Kotabaru

Turnamen Sepakbola Antar Kecamatan Meriahkan Harjad Kotabaru


GEMA - Memperebutkan Bupati Cup II tahun 2012, turnamen sepakbola antar kecamatan dibuka resmi Bupati Kotabaru H. Irhami Ridjani diwakili Sekretaris Daerah Drs. H. Suriansyah, Minggu (27/5).

Turnamen diikuti 21 kesebelasan terdiri dari 20 kecamatan dan 1 kesebelasan dari Pemda Kotabaru diwakili Darma Praja (Satpol PP). Dengan menggunakan sistem setengah kompetisi pada babak penyisihan grup, semua kesebelasan dibagi dalam 7 grup.

Dan selanjutnya dengan menggunakan sistem gugur, 14 kesebelasan sebagai juara dan runner up grup berhak mengikuti laga hingga babak final. Dijadwalkan turnamen ini berlangsung selama 21 hari, mempertandingkan dua partai setiap harinya, demikian laporan panitia pelaksana Yusran Hardi.

Pada pertandingan perdana ini bertemu dua kesebelasan yang tergabung dalam grup D, yakni dari Kecamatan Pamukan Barat (Sengayam) berhadapan dengan kesebelasan dari Kecamatan Sungai Durian.

Dari tribun utama stadion Bamega, pembukaan turnamen dipenuhi warga Kotabaru serta para pendukung kesebelasan. Sementara di tribun kehormatan diisi tamu undangan, nampak Sekda H. Suriansyah bersama Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Ir, Rairajuni, MSP didampingi Kabid Olahraga Abdul Gafar, S.Pd, serta para camat dan tokoh-tokoh olahraga kecamatan.

Bupati Kotabaru H. Irhami Ridjani dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda mengatakan kejuaraan sepakbola Bupati Cup yang kedua kalinya ini dilaksanakan adalah dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Kotabaru ke 62 yang dirangkai dengan Hari Ulang Tahun Proklamasi RI ke 67.

“Ini merupakan wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Kotabaru turut mendukung upaya kita bersama untuk meningkatkan prestasi dan kualitas olahraga dalam bidang olahraga, khususnya cabang olahraga sepakbola didaerah kita,” kata Irhami Ridjani.
Ditambahkannya, selain untuk menjaga kesehatan, olahraga sepakbola juga dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM). Didalamnya tersirat ada taktik dan strategi, sehingga diperlukan kerjasama, disiplin, kendali diri dan kekompakan.

Juga diharapkan Bupati kepada seluruh peserta saya harapkan dapat bertanding dengan menjunjung tinggi sportifitas, dan panitia maupun wasit dapat bersikap adil dalam menjalankan aturan main, sehingga kejuaraan dapat berjalan tertib, aman dan lancar.

 
“Marilah kita bangun pilar yang kokoh dan menjamin tercapainya prestasi olahraga yang kita banggakan. Budayakan olahraga ini mampu menjadi pondasi kita dalam mendukung program pembangunan,” pinta Irhami.

Adapun rangkaian pembukaan adalah penyerahan piala bergilir Bupati Cup kepada Panitia pertandingan, pencabutan pertandingan perdana dengan cara diundi dan tendangan pertama oleh Sekda H. Suriansyah. (sfr)

Disporabudpar Adakan Pelatihan Pelatih Bulutangkis

Disporabudpar Adakan Pelatihan Pelatih Bulutangkis


GEMA - Untuk meningkatkan kualitas pelatih cabang olahraga bulutangkis, Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kotabaru, Senin (21/5) menggelar pelatihan dengan menghadirkan instruktur dari Pengcab PBSI Kalimantan Selatan.

Pelatihan tingkat Kabupaten Kotabaru yang berlangsung selama 3 hari di gedung Abdi Negara ini diikuti peserta sebanyak 50 orang dari 20 kecamatan, akan menerima pengetahuan tentang sistem kepelatihan sesuai standart Persatuan Bulutangkis Indonesia (PBSI).

Bupati Kotabaru H. Irhami Ridjani dalam sambutan tertulis dibacakan Kabid Olahraga Disporabudpar Abdul Gafar, S.Pd menyatakan keinginannya agar para pelatih nantinya dapat memberikan sumbangsih dalam menumbuh kembangkan olahraga bulutangkis di bumi Saijaan.

“Melalui olahraga bulutangkis ini, Indonesia dikenal dunia, karena prestasi atlit masa lalu yang berjaya membawa harum nama Indonesia disetiap even tingkat internasional. Untuk itu tugas kita bersama untuk mengembalikan kejayaan tersebut,” pinta Irhami.

Kepada para peserta, bupati berharap agar mengikuti pelatihan ini dengan serius, karena bekal pengetahuan yang diperoleh nantinya, dapat diterapkan kepada anak didiknya guna mencetak atlit berprestasi di masing-masing kecamatan. 

Dalam rangka program pengembangan kebijakan dan manajemen olahraga, para pelatih Kotabaru ini diberi materi oleh nara sumber dari Pengurus Cabang (Pengcab) PBSI Kalimantan Selatan Ir. Asep Sumarhadi, MP dan Muhammad Natsir. Selain aktif di Pengcab provinsi, keduanya juga telah berpengalaman melatih atlit Prapon maupun PON Kalsel, dan saat ini masih melatih disejumlah klub bulutangkis papan atas di Banjarmasin.

Sebelum menyampaikan materi, peserta terlebih dahulu diberikan serangkaian pertanyaan (pre test) untuk mengetahui tingkat pengetahuan tentang segala aspek permainan bulutangkis.

Selain diberikan materi, peserta juga diajak praktek langsung di gedung olahraga bulutangkis Bamega dan fitnes center Sungai Taib. Mengetahui cara olahraga beban, berguna agar setiap pebulutangkis disamping memiliki keterampilan bermain, fisik dan stamina yang baik juga mutlak diperlukan, kata panitia pelaksana Syaifullah, S.Sos. (sfr)