Home » » Indocement Ajarkan Pembuatan Dendeng Dan Amplang

Indocement Ajarkan Pembuatan Dendeng Dan Amplang

Hak Cipta By : Gema Saijaan Posting Hari : Rabu, 28 Maret 2012 Jam : 12:58:00 AM

GEMA - PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Pabrik Tarjun Kotabaru berikan pelatihan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), cara Pengolahan Dendeng Ikan dan Amplang makanan khas banjar kepada warga desa-desa binaan, khususnya para usaha kecil dan ibu rumah tangga di sekitar lingkungan operasional perusahaan.

Pelatihan selama 2 hari didampingi Instruktur yang berpengalaman dan sukses dengan usaha ini, digelar di Rumah Seni & Budaya Indocement di Desa Tarjun, diikuti 21 Peserta dari Desa Tarjun & Desa Langadai serta 5 Peserta berasal dari anak sekolah.

Materi yang disampaikan adalah Pengenalan bahan dan jenis-jenis ikan yang akan dibikin abon, jenis-jenis Peralatan yang diperlukan, dan tata cara membuat abon ikan. Dan untuk Pengolahan Amplang, diperlukan Bahan-bahan berupa Ikan Tenggiri, Tepung Tapioka dan telur Itik atau Ayam, Bawang putih, Soda Garam, Gula. Kemudian Peralatan yang diperlukan adalah wajan besar, penggilingan ikan, blender dan peralatan lainnya serta tata cara pengolahan, pengeringan, penggorengan, kemasan dan pemasaran.

Instruktur Pelatihan, Mastono.SB menjelaskan ”Cara Pembuatan Abon Ikan dan Pengolahan Amplang. harus di awali dengan pengenalan bahan dan jenis-jenis ikan yang akan dibikin abon, jenis-jenis Peralatan yang diperlukan, dan tata cara membuat abon ikan. Dan untuk Pengolahan Amplang, diperlukan Bahan-bahan berupa Ikan Tenggiri, Tepung Tapioka dan telur Itik atau Ayam, Bawang putih, Soda Garam, Gula. Kemudian Peralatan yang diperlukan adalah Wajan besar, penggilingan ikan, blender, dan peralatan lainnya. Untuk tata cara pengolahan diperlukan beberapa langkah yaitu Ikan dibersihkan dan dikerik, Telor dan gula serta soda dikocok kemudian dicampur dengan ikan yang telah digiling halus, Adonan tadi diambil sedikit dan digiling dengan tangan sedangkan bentuk dan ukurannya tergantung selera yang diinginkan pasar, dijemur hingga kering dan dilakukan penggorengan terakhir adalah pengemasan.

untuk pemasarannya tidaklah sulit karena kerajinan local ini cukup diminati dipasaran tergantung perencanaan strategi pemasaran yang tepat, yaitu buat perencanaan untuk pemasaran produk, strategi Pasar yaitu siapa yang menjadi target pasar dan bagaimana usaha membidik pelanggan serta jadikan konsumen menjadi pelanggan tetap, Target Pasar yaitu memilih segmen pasar yang dimasuki, Anggaran Pemasaran yang dibutuhkan dan promosi pada Pameran-pameran produk unggulan dan usaha kecil,”demikian lanjut Mastono.

Seorang peserta, Amey Susanti dari Desa Tarjun, mengatakan ”Pelatihan ini cukup bagus dan mudah kami pahami karena selain penyampaian teori juga lebih banyak prakteknya serta mudahnya dialog antara peserta dengan Instrukturnya, Pelatihan ini pas buat kami ibu-ibu dan modalnya tidak banyak bahkan bahannya murah serta kegiatan ini dapat menjadi usaha tambahan untuk biaya rumah tangga”.

Head CSR Indocement Pabrik Tarjun, Yanuar Arif Mengatakan ”melalui Pilar Pendidikan dan Pilar pembangunan Ekonomi, perusahaan bertujuan meningkatkan ekonomi masyarakat pedesaan sekitar operasional perusahaan, terkhusus ekonomi yang terkait dengan usaha mikro atau usaha kecil termasuk kerajinan lokal”

Dia berharap, diberikannya pelatihan ini kepada masyarakat agar nantinya berguna bagi usaha mereka, pelatihan ini merupakan program CSR Indocement, dengan tujuan perusahaan adanya peningkatan perekonomian dimasyarakat sekitar”, tambah Arif.

Kegiatan ini merupakan realisasi dari Pilar Pendidikan dan Pilar Ekonomi, dua  dari 5 pilar yang mendasari Program Bina Lingkungan sebagai bagian dari Program Corporate Social Responsibility (CSR) Produsen semen merk tiga roda tersebut. Dan sebagai upaya untuk menciptakan unit-unit Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di bidang kerajinan di daerah Tarjun Langadai dan sekitarnya, serta aplikasinya kepada desa-desa binaan lainnya sekitar operasional pabrik untuk dikembangkan. ( gus / fjr )
Share this article :

0 komentar:

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

Komentar Anda Kami Anggap SPAM Bila Mengandung Unsur SARA, Pornografi, DLL ... !

Pilih Bahasa

 
Address : Jl.Jendral Sudirman No.82 Kabupaten Kotabaru
Telphone : 0812 5138 5020
Em@il : gemasaijaan@gmail.com
Website : www.gemasaijaanonline.info
Copyright © 2011-2016. Gema Saijaan Kotabaru Online - All Rights Reserved