Bupati Kunjungi Lokasi PLTS


Baca Juga



GEMA - Keinginan warga Desa Kerayaan Kecamatan Pulaulaut Kepulauan adanya listrik akhirnya bisa terwujud, Pembangkit Listrik Tenaga Surya(PLTS) 270 KW tahun ini dibangun didesa mereka.hingga penerangan bisa dinikmati untuk memperlancar aktivitas warga.

Kedatangan Bupati bersama rombongan disambut dengan kalungan bunga dan salam hangat dari para pelajar SD, SLTP,
juga aparat desa. Mereka sangat gembira kedatangan orang nomor satu di Kotabaru ke tempat mereka, setelah istirahat sebentar di kediaman warga Bupati Kotabaru Irhami Ridjani bersama rombongan meninjau lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Desa Kerayaan dan lakukan pembahasan lahan dengan warga setempat, Kamis (12/1).

Bupati Irhami Ridjani  berdialog dengan warga masalah PLTS yang akan dibangun di desa mereka dan memberikan  uang tunai 5 juta rupiah kepada warga yang menghibahkan tanahnya untuk pembangunan PLTS yang kena area perkebunan kelapa miliknya sekitar setengah hektar. Para janda, ibu hamil dan anak yatim piatu juga mendapatkan sedekah.

Bagian Humas PLN Kotabaru Jimmy menjelaskan proses pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sekitar 6 bulan baru bisa beroperasi, " Pengerjaan PLTS ini ada dua  kontraktor untuk instalasi dari Banjarbaru sedangkan mesin dari pusat dan kalau tidak ada kendala bulan agustus sudah bisa beroperasi".

"Warga diharapkan jangan tergoda bujukkan oleh pihak lain selain PLN untuk pemasangan listrik ini seperti pada tahun lalu yg menyebabkan kerugian, pihak PLN akan memberikan sosialisasi kepada warga dan tidak meminta bayaran sebelum listrik bisa beroperasi. Tiang dan kabel sudah datang, bulan pebruari mendatang pengerjaan akan dilakukan" tambah Jimmy.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya dengan kapasitas 270 KW ini pertama kali di Kalimantan, bisa melayani sekitar 400 buah rumah dan sementara 250 VA untuk satu rumah, selain desa Kerayaan ada beberapa desa lain yang juga akan dibangun PLTS. ( fjr ) 

Share on Google Plus

Tentang gemasaijaanonline

Gema Saijaan Online memberikan informasi seputar Kabupaten Kotabaru untuk ikut mencerdaskan anak bangsa

0 Comments :

Posting Komentar