Kamis, 07 Juli 2011

Bupati Letakkan Batu Pertama Relokasi Desa Serakaman

Bupati Letakkan Batu Pertama Relokasi Desa Serakaman


GEMA - Bupati Kotabaru H. Irhami Ridjani meletakaan batu pertama pembangunan sarana prasarana Desa Serakaman Kecamatan Pulau Sebuku, Sabtu (2/7).
Bernama baru Desa Serakaman Maju Mandiri, relokasi atau pemindahan desa ini dilakukan pemerintah daerah merupakan menindaklanjuti rencana PT. BCS (bahari Cakrawala Sebuku) akan melakukan penambangan batubara di lokasi desa yang lama, dan pemindahannya telah disetujui oleh warga desa setempat.
“ Warga desa tidak usah khawatir, segala sarana dan prasarana yang diperlukan untuk aktivitas warga akan dilengkapi, “ kata H. Irhami Ridjani dihadapan warga desa Serakaman Maju Mandiri. Kepada perusahaan, bupati berharap kesepakatan yang telah dicapai dengan warga agar dipenuhi, dalam membantu kelancaran aktivitas warga dalam kehidupan sehari-hari, baik urusan pribadi maupun kemasyarakatan. Karena pada prinsipnya relokasi ini juga dimaksudkan untuk mengembangkan potensi masyarakat menuju kemajuan dan meningkatnya kesejahteraannya.
Tempat desa baru sendiri berjarak kurang lebih satu kilometer dari desa lama, telah dibebaskan kepemilikannya oleh PT. BCS. Dan rencananya dilokasi tersebut oleh perusahaan yang telah berkoordinasi dengan pemerintah Kabupaten Kotabaru, akan dibangun sejumlah fasilitas umum, diantaranya bangunan masjid, sekolah TK dan SD, sarana olahraga dan perumahan sebanyak 44 buah.
Sementara ulama setempat H. Achmad Bajuri  turut berpartisipasi, dengan mewakafkan sebidang tanah di lokasi baru untuk bangunan pesantren yang akan dibangunkan perusahaan. (Sfr)
Bangkitkan Olahraga Sepakbola di Kecamatan

Bangkitkan Olahraga Sepakbola di Kecamatan



GEMA - Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Kotabaru ke 61 dan menyongsong HUT Kemerdekaan RI ke 66, Pengurus Cabang PSSI Kotabaru menggelar kejuaraan sepakbola antar kecamatan se Kabupaten Kotabaru.
Ketua pelaksana Harian PSSI Kotabaru Hardi Yusran, melaporkan bahwa terselenggaranya kegiatan ini merupakan inisiatif Bupati H. Irhami Ridjani, dengan maksud membangkitkan kembali persepak-bolaan di kecamatan-kecamatan melalui kompetisi.
“ Kejuaraan serupa terakhir dilaksanakan pada tahun 1975, dan pada babak final saling berhadapan Kecamatan Pulau Laut Utara dan Pulau Laut Selatan (Tanjung Seloka), “ kenang Hardi Yusran, dimana saat itu pertandingan masih berlangsung di lapangan Sebatung yang sekarang menjadi Mesjid Agung Husnul Khatimah.
Dan di tahun pertama kepemimpinan Bupati H. Irhami Ridjani, kegiatan tersebut dilaksanakan lagi dengan titel kejuaraan sepakbola Bupati Cup I 2011, memperebutkan piala bergilir dan piala tetap dari Bupati Kotabaru. Bertanding di stadion Bamega Kotabaru selama dua pekan, direncanakan final tanggal 16 Juli.
Dalam pembukaan, Sabtu (2/7), Bupati Kotabaru H. Irhami Ridjani dalam sambutan yang dibacakan Staf Ahli Bidang Pembangunan Ir. Mochran, menyatakan bahwa kejuaraan ini merupakan komitmen pemerintah untuk memajukan sepakbola di daerah, khususnya di kecamatan-kecamatan. Sebagai olahraga, dalam sepakbola terkandung makna adanya pengendalian diri untuk bersikap tenang, cermat, dan kompak. Dan Sikap tersebut, selain dapat melakukan permainan dengan baik, juga akan menempa diri menjadi orang yang disiplin dalam segala hal.
Dari 20 kecamatan, ikut berpartisipasi dalam kejuaraan 11 kecamatan ditambah 1 kesebelasan Pemkab Kotabaru. Dengan menggunakan sistem setengah kompetisi, kesebelasan dibagi dalam 4 grup.
Grup A tergabung Kecamatan Pulau Laut Tengah, Pulau Laut Timur dan Pemkab Kotabaru. Grup B Kecamatan Pulau Laut Utara, Kelumpang Hilir dan Sampanahan. Grup C Kecamatan Kelumpang Tengah, Pulau Sembilan dan Pulau Sebuku, serta grup D Kecamatan Pulau Laut Kepulauan, Kelumpang Selatan dan Kelumpang Hulu.
Mengawali kejuaraan, dilakukan penyerahan Piala bergilir Bupati Kotabaru kepada panitia pertandingan untuk diperebutkan dan pemberian satu buah bola kepada masing-masing peserta. Berlanjut dipertandingkannya antara kesebelasan Pemkab kotabaru melawan kesebelasan Kecamatan Pulau Laut Tengah. Dalam partai perdana ini ditandai dengan tendangan pertama oleh Ir. Mochran. (Sfr)