Senin, 06 Juni 2011

PDBI KOTABARU MILIKI DRUMBAND TERBANYAK SE KALSEL

PDBI KOTABARU MILIKI DRUMBAND TERBANYAK SE KALSEL

Bermunculannya grup drumband di Kotabaru beberapa tahun terakhir, mencatatkan PDBI Kabupaten Kotabaru sebagai induk organisasi yang memiliki unit drumband terbanyak se Kalimantan Selatan.
Persatuan Drum Band Indonesia ((PDBI) Kabupaten Kotabaru sampai saat ini didukung sebanyak 22 unit.  Grup drumband berasal dari lembaga pendidikan, yakni dari pra sekolah, SD, SMP dan SMA, ditambah drum band Gita Jaya Bamega dibawah binaan Kodim 1004 Kotabaru. Dari sebagian besar para anggota senior drumband FKPPI inilah kemudian membentuk dan melahirkan unit yang ada di sekolah.
Pesatnya perkembangan drumband rupanya mendapatkan perhatian PDBI pusat, terbukti akan diselenggarakannya kejuaraan daerah drumband tingkat provinsi Kalimantan Selatan di Kotabaru tahun 2012. “ PDBI pusat menunjuk Kabupaten Kotabaru sebagai tuan rumah, karena di provinsi sendiri belum terbentuk pengurus PDBI “ kata Ketua PDBI Kotabaru hairul Aswandi, SE, M.Si, ketika melaporkan kegiatan lomba kirab drumband, Rabu (1/6).
Keberadaan PDBI Kotabaru telah didukung penuh pemerintah daerah, terutama dalam event penting selalu melibatkan drumband, baik secara grup maupun massal dalam menyemarakkan suasana. Demikain pula pengadaan peralatan drumband standart dibantu sepenuhnya oleh Pemda. Peralatan tersebut bisa dipergunakan untuk mengikuti 3 jenis perlombaan, ujar Hairul Aswandi yang juga Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kotabaru.
Dalam waktu dekat, drumband Kotabaru juga akan mengikuti kejuaraan nasional di Yogyakarta. Untuk itu lanjut Hairul Aswandi, akan dilakukan penyeleksian atlit dari 22 unit drumband. Dan di lomba kirab drumband dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun Kotabaru ke 61/2011, menjadi salah satu kesempatan bagi PDBI untuk melihat potensi atlit drumband yang akan dipersiapkan dalam dua event tersebut. (Sfr)

Lomba Kirab Drumband Meriahkan 1 Juni Harjad Kotabaru

Lomba Kirab Drumband Meriahkan 1 Juni Harjad Kotabaru

GEMA - Lomba Kirab drumband keliling kota oleh 12 grup drumband, turut memeriahkan peringatan Hari jadi Kabupaten Kotabaru ke 61.
Start dari halaman gedung DPRD Kotabaru dan finis di lapangan Siring Laut, Rabu (1/6). Grup drumband SD Dirgahayu sebagai peserta pertama yang melintas di hadapan undangan, dilepas oleh Bupati Kotabaru H. Irhami Ridjani. Ikut menyaksikan kemeriahan suasana lomba adalah Sri Maria Ningsih Irhami, Ketua DPRD Alpidri Supian Noor beserta istri, Komandan Kodim Sinthu BAS Ignatius juga beserta istri dan Ketua PDBI Kotabaru Hairul Aswandi.
Menyambut baik kegiatan lomba yang diprakarsai Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kabupaten Kotabaru, Bupati menghendaki kegiatan ini dipertahankan untuk menyambut dan memeriahkan setiap peringatan Hari Jadi Kabupaten Kotabaru, sekaligus menjadi sarana menyalurkan bakat dan kemampuan, sehingga dalam keterampilan menggunakan peralatan drumband, anak dan remaja Kotabaru tidak kalah dengan daerah lainnya.
“ Semoga lomba ini mampu membentuk generasi Saijaan yang berkualitas, berilmu, berakhlak mulia dan sehat jasmani. Oleh karenanya seluruh potensi dan bakat harus dikembangkan semaksimal mungkin, “ harap Irhami Ridjani.
Sementara lomba kirab drumband yang menilai ketahanan dan ketepatan waktu ini, diikuti 12 unit drumband, terdiri dari katagori umum 4 grup, dan pelajar 8 grup drumband. Dari hasil penilaian dewan juri diperoleh hasil, katagori pelajar Juara I SDN Baharu Selatan, disusul juara II dan III adalah SDN Baharu Selatan dan SDN Rampa. Sedangkan umum juara I SMAN 2 Stagen, juara II FKPPI Kodim/1004 dan Juara III SMPN 1 Kotabaru.
Dari pantauan, mulai garis start, kiri kanan sepanjang jalan rute hingga finish, nampak antusias warga Kotabaru menyaksikan grup drumband melakukan atraksinya. Kemeriahan ini membuat polisi bekerja ekstra menertibkan agar lalu lintas dari jalanan dalam kota yang dilewati. (Sfr)