Kamis, 02 Juni 2011

Dua Pecatur Kotabaru Wakili Kalsel Prapon Pontianak

Dua Pecatur Kotabaru Wakili Kalsel Prapon Pontianak


GEMA - Tri Basuki Rahman dan Zainal Arifin, mewakili Kalimantan Selatan dalam Prapon di Pontianak pada 1 – 6 Juni mendatang.
Tri Basuki Rahman  berpredikat Master Percasi dan Zainal Arifin, MN (Master Nasional) akan turun di nomor beregu dan perorangan, bersama pecatur dari kabupaten/kota lain akan berjuang di kompetisi catur tersebut untuk lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) di Riau nanti.
“ Kami dan empat pecatur lainnya akan berupaya maksimal mendapatkan tiket berlaga di PON nanti, “ kata Tri Basuki Rahman, disela kesibukannya sebagai ketua pelaksana turnamen catur Bupati Cup I 2011, Jum’at (27/3).
Di ajang kualifikasii PON di Pontianak Kalimantan Barat tersebut, selain tuan rumah, pecatur Kalsel akan bersaing ketat dengan Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah, tambah Tri Basuki yang juga Ketua Harian PB. Percasi Kotabaru.
“ Kalimantan Timur memiliki pecatur yang cukup handal, “ ujar Camat Pulau Laut Kepulauan ini memetakan kekuatan lawan yang akan dihadapi. Dan untuk lolos, paling tidak harus berada di peringkat kedua, itupun harus melalui babak playoff, tambahnya.
Bupati H. Irhami Ridjani, sekaligus Ketua Umum PB. Percasi Kotabaru mengharapkan pecatur Kalsel dapat merebut tiket menuju PON. Khusus dua master Kotabaru diminta mempersiapkan diri sebaik mungkin, agar dalam bertanding diperoleh hasil maksimal, yang akan menjadi kebanggaan pribadi dan mengharumkan nama daerah, kutip Tri Basuki ketika bertemu bupati menjelang keberangkatan. (Sfr)
Percasi Gelar Turnamen Catur Bupati Cup I

Percasi Gelar Turnamen Catur Bupati Cup I

GEMA - Cabang olahraga catur turut berpartisipasi memeriahkan Hari jadi Kabupaten Kotabaru ke 61, bak gayung bersambut, sebanyak 66 pecatur ambil bagian untuk beradu teknik dan strategi diatas papan catur pada turnamen catur Bupati Cup I 2011.
Peserta terbagi dalam dua katagori. Senior putra atau umum diikuti 45 orang, dan pecatur putra putri harapan masa depan, tergabung dalam kelompok junior berjumlah 21 peserta. Pertandingan menggunakan sistem  Swiss Perpect, dimana kelompok senior harus memaiinkan 7 babak, dan junior hanya 5 babak.
Bertempat di halaman Kantor Camat Pulau Laut Utara, hingga Jum’at (27/5), di kelompok senior menyisakan satu  babak, dengan peringkat teratas sementara Zainal Arifiin, MN (Master Nasional). Turnamen kali ini, selain Zainal Arifin, pecatur lain penyandang master nasional yang turun berlaga adalah Rahmatullah.
“ Di momen Hari Jadi Kotabaru dan turnamen yang digelar Percasi ini, kiranya akan muncul bibit catur junior yang potensial untuk menyambut tongkat estapet para seniornya, kata Ketua Harian PB. Percasi Kotabaru Tri Basuki Rahman sekaligus ketua pelaksana turnamen.
Geliat olahraga di kalangan remaja mulai Nampak, tambahnya. Perkembangan menggembirakan ini tidak lepas dari peran pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan Kotabaru selaku penyelenggara Olympiade Olahraga dan Seni Nasional (OOSN) tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah, menjadikan catur sebagai salah satu cabang olahraga yang dilombakan.
Event Bupati Cup I tahun ini lebih meriah karena jumlahnya lebih banyak dan adanya pecatur beberapa kecamatan, menambah semangat bertanding. Kecamatan yang menurunkan pecaturnya adalah Kecamatan Utara (Pudi), Kelumpang Selatan (Pantai), Pulau Laut Barat dan Pulau Laut Timur, sebut Tri Basuki. (Sfr)