Indocement Salurkan Modal Untuk UMKM


Baca Juga





GEMA - Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa binaan, PT ITP Tarjun bekerjasama dengan Bank Mandiri Selasa (13/12/2011) menyalurkan Kredit Modal Kerja untuk Usaha Menengah Kecil Mikro sebesar Rp 435 juta dan akan terus bertambah hingga plafon Rp 800 juta untuk UMKM sekitar Indocement Pabrik Tarjun.

Manager Prog.Kemitraan & Bilik Bank Mandiri Banjarmasin, Aries Kuncoro menyatakan “Kami dengan Indocement sudah lama menjalin hubungan kerjasama saling menunjang dalam pengembangan program-program CSR dan salah satu bentuk kerjasama yg sudah terjalin lama adalah pemberian bantuan permodalan bagi masyarakat sekitar pabrik Indocement yang memiliki Usaha Kecil atau Usaha Mikro dalam bentuk dana kredit dengan bersubsidi yang relative sangat murah yakni 6 % pertahun”

Dengan dana Rp 4,5 Milliar yang ditujukan untuk Masyarakat sekitar pabrik Indocement di Indonesia seperti Pabrik Citereup Bogor, Pabrik Cirebon, Bandung, Banten, Lombok Mataram & Tarjun Kalsel. Khusus untuk Pabrik Tarjun Kotabaru-Kalsel telah dialokasikan dana sebesar Rp 800 juta.

Sejak tahun 2009 yang lalu para UKM telah mengambalikan pinjaman dengan lancar dan tepat waktu karena sejak awal Indocement telah melakukan survey dan seleksi sehingga UKM yang menerima betul-betul memiliki potensi yang baik namun terkendala modal usaha. Kedepannya kami berharap bisa terus dilaksanakan secara continue mengingat kualitas pemberian kredit ini kami nilai sudah sangat bagus sehingga system yang diterapkan Indocement bisa dipertahankan dimasa akan datang, andaikan ada kendala pengembalian kredit maka Bank Mandiri akan melakukan Penelitian dan pendekatan persuasive kepada UKM guna mengetahui kendala yang dialaminya, Perpanjangan dan Pelatihan Manajerial yang sederhana”, lanjut Aries.

Mukirah, salah satu Penerima Kredit Modal Kerja menyampaikan “Usaha saya memiliki potensi yang bagus, namun masih kurang Modal Usaha dan berharap Indocement dapat membantu kami dengan menyalurkan Kredit modal Kerja agar Usaha kami dapat berkembang lebih baik lagi”.

Sedangkan SSECSR Dept Head Indocement Tarjun, Teguh Iman Basoeki mengatakan ”Sebagaimana Visi & Misi PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, bahwa Turut Membangun Kehidupan Yg Lebih Bermutu, dalam hal ini Perusahaan melalui Pilar Pembangunan Ekonomi ingin Memajukan Ekonomi Masyarakat Pedesaan sekitar Perusahaan, khususnya Ekonomi yang Berkaitan dengan Usaha Menengah Kecil/ Mikro sehingga Pemberian Pinjaman Modal kepada Masyarakat yg Bekerjasama dengan Bank dan dengan Bunga yg Rendah itu nantinya dapat dirasakan manfaatnya. Kegiatan ini dimulai sejak 16 Desember 2009 hingga tahun 2011 ini, yang menerima Pinjaman Kredit Modal Kerja sebanyak 22 UMKM, diantaranya : Warga Desa Tarjun, Warga Desa Serongga, Warga Desa Pulau Panci Kec. Kelumpang Hilir dan Warga Desa Sidomulyo, Warga Desa Sungai Kupang Kec. Kelumpang Hulu.

Adapun jenis Usahanya Beragam, Yaitu : Pedagang Makanan, Kelontongan, Pedagang BBM, Toko Sembako, Toko Pakaian, Toko Bangunan dan Material, Elektronik, Bengkel & Pengadaan Spare Part, Warung dan Rumah Makan.

“Kegiatan ini termasuk Pilar Pembangunan Ekonomi atau salahsatu dari 5 Pilar Pembangunan yg menjadi Sektor Prioritas yg merupakan Program Corporate Social Responsibility (CSR) Indocement dan Perusahaan berharap adanya Peningkatan Perekonomian dimasyarakat sekitar, Semoga Keberadaan Pabrik Tiga Roda didaerah ini dirasakan Manfaatnya oleh Masyarakat”, tambah Teguh.

Dalam waktu yang sama PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Pabrik Tarjun juga menyerahkan bantuan 1 (satu) Unit Ruang kelas untuk Sekolah Dasar Negeri 1 Langadai Kec.Kelumpang Hilir Kab. Kotabaru. (gus/fjr)

Share on Google Plus

Tentang gemasaijaanonline

Gema Saijaan Online memberikan informasi seputar Kabupaten Kotabaru untuk ikut mencerdaskan anak bangsa

0 Comments :

Posting Komentar