Tim Kesehatan Periksa Jamaah Calhaj Kotabaru


Baca Juga





 GEMA - Jamaah calon haji Kabupaten Kotabaru tahun ini menjalani pemeriksaan tahap kedua oleh tim kesehatan yang ditunjuk panitia penyelenggara haji Kabupaten Kotabaru.

Sehingga tinggal satu tahap kesiapan lagi jamaah akan dicek kebugaran dan kesehatannya, yakni ketika masuk embarkasi sebelum keberangkatan ke tanah suci Mekkah pada bulan Oktober nanti.
Demikian kata wakil ketua tim pemeriksa kesehatan calon haji Kotabaru dr. Zainal Hakim saat dikonfirmasi Swara Saijaan, Jum’at (16/9) terkait pemeriksaan kesehatan terhadap 202 jamaah calon haji (calhaj) yang berlangsung dari tanggal 12 – 17 September.
“Hingga kini calon haji yang telah diperiksa berjumlah 198 orang, diharapkan besok hari terakhir telah selesai, kalaupun belum rampung masih diberikan toleransi hingga tanggal 19 september,” ujarnya mengantisipasi kendala jarak dari calhaj yang berasal dari daerah yang jauh dari ibukota kabupaten.
Dijelaskan Zainal Hakim yang juga Kepala Puskesmas Kotabaru Hilir bahwa calhaj yang ditangani tim kesehatan yang berjumlah kurang lebih 40 orang ini menjalani serangkaian pemeriksanaan, yakni tes darah dan urine, imunisasi meningitis dan influenza, serta kebugaran. Sedangkan calhaj yang berusia 40 dan 60 tahun keatas wajib periksa rontgen dan jantung.
“Untuk calhaj yang menderita penyakit, dirujuk ke RSUD Kotabaru untuk mendapat penanganan lebih lanjut,” tambahnya mengenai rujukan ini diberikan karena pemeriksaan dipusatkan di Puskesmas Kotabaru Hilir.
Selain itu sebelum pemeriksaan, pihaknya juga memberikan himbauan kepada calhaj untuk selalu menjaga kesehatan, memperhatikan gizi makanan, olahraga teratur dan istirahat yang cukup. “Jalan kaki setiap pagi dengan jarak yang cukup dan disesuaikan dengan usia, sangat mendukung terpeliharanya kebugaran dan kesehatan,” sarannya kepada jamaah calhaj menjelang keberangkatan. (Sfr)
Share on Google Plus

Tentang gemasaijaanonline

Gema Saijaan Online memberikan informasi seputar Kabupaten Kotabaru untuk ikut mencerdaskan anak bangsa

0 Comments :

Posting Komentar