Sungai Gunung Bahalang Akan Jadi Penambah Stok Air Bersih Kotabaru


Baca Juga


GEMA – Untuk mengatasi kekurangan air bersih yang terus dialami Warga Kotabaru bila musim panas tiba, Bupati Kotabaru H. Irhami Ridjani meletakkan batu pertama pembangunan Waduk Gunung Bahalang. Kamis (23/06/2011) dengan daya tampung yang lebih besar.

Peletakan batu pertama di Gunung Bahalang ini bertepatan dengan hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2011, dengan melakukan penanaman ribuan bibit pohon langka salah satunya jenis meranti putih.

Bupati Kotabaru H. Irhami Ridjani mengatakan “sungai di Gunung Bahalang ini ada lima sumber mata air, dan diharapkan masyarakat Kotabaru tidak akan lagi kesuliatan air bersih bila bendungan nanti selesai dikerjakan”.

“Lahan masyarakat disekitar bendungan akan digantikan dengan tanaman yang cocok, salah satunya tanaman karet. Selain untuk penghijauan dan penyerapan air, juga dapat menambah penghasilan masyarakat hingga tarap hidup lebih makmur” jelasnya.

Diperkirakan tinggi bendungan 7,50 mtr dan lebar 53,00 mtr, dengan kapasitas tampungan 198.750.00 m3. Rencananya bendungan Gunung Bahalang ini airnya akan disalurkan ke waduk Gunung Ulin melalui Pipanisasi 12 Inchi sepanjang 3000,00 mtr.

Bangunan  bendungan di Gunung Bahalang Desa Gunung Sari ini menelan dana tahap pertama diperkirakan sebesar Rp. 6,671,300.000. “ Pembangunan bendungan ini akan dilakukan bersama sama dengan Perusahaan yang ada di Kotabaru, agar bisa cepat selesai dikerjakan” ditambahkan Bupati. (fjr)
Share on Google Plus

Tentang gemasaijaanonline

Gema Saijaan Online memberikan informasi seputar Kabupaten Kotabaru untuk ikut mencerdaskan anak bangsa

3 Comments :

  1. kemaren kami jaln2 ke gng bhlg knp skrg tdk da pengerjaan lg.....syg pdh sdh msk msm hjn

    BalasHapus
  2. @Muhallat Ktb terimakasih Komentar anda mungkin menunggu anggaran baru lagi dan semua pengerjaanya di lanjutkan dan bisa terselesaikan dengan baik oleh pemerintah,,,,

    BalasHapus
  3. sukses kpd pemerintah kab.kotabaru semoga cepat selesai dan permasalahan kekurangan air bersih di kabupaten ini bisa terselesaikan

    BalasHapus