Home » » PT ITP Gelar Pelatihan Pertanian

PT ITP Gelar Pelatihan Pertanian

Hak Cipta By : gemasaijaanonline Posting Hari : Senin, 27 Juni 2011 Jam : 10:56:00 PM


GEMA - PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, di Desa Tarjun Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru memberikan Pelatihan Dasar Pertanian bagi masyarakat, khususnya warga disepuluh desa binaan (06/2011).

Pelatihan dasar pertanian ini merupakan realisasi dari Pilar Pendidikan dan Pilar Ekonomi, dua  dari 5 pilar yang mendasari Program Bina Lingkungan sebagai bagian dari Program Corporate Social Responsibility (CSR) Produsen semen merk tiga roda. Pelatihan ini merupakan upaya untuk menciptakan unit-unit Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di bidang pertanian di daerah Tarjun dan sekitarnya dan aplikasinya kepada 10 desa binaan sekitar operasional pabrik untuk dikembangkan.

Dan 10 desa binaan itu adalah Desa Tarjun, Langadai, Serongga, Tegalrejo dan Pulau Panci (Kecamatan Kelumpang Hilir), Sidomulyo, Simpang Tiga, Sungai Kupang dan Cantung Kiri Hilir (Kecamatan Kelumpang Hulu) dan Sungai Dua Kecamatan Batulicin.

Acara digelar di Pusat Pelatihan Pemberdayaan masyarakat (P3M) Indocement Pabrik Tarjun sebagai wadah percontohan, dan melakukan pelatihan kemandirian dalam upaya meningkatkan perekonomian warga desa binaan.

Kegiatan ini disampaikan 2 staf ahli perusahaan selaku Instruktur Pelatihan dengan menyampaikan materi salah satunya Dasar-dasar pertanian, jenis tanah, tata cara penanaman, jenis-jenis pupuk, cara pengolahan pupuk organik, Hama, pemeliharaan dan pemasaran.

Koordinator Sustainable Development Project Indocement Pabrik Tarjun, I Wayan Kedep mengatakan, saat ini kita melakukan kegiatan pelatihan kepada warga 10 desa binaan dengan menerapkan dasar-dasar pertanian guna dimanfaatkan warga yang memiliki lahan-lahan kosong yang belum dimanfaatkan secara optimal.

Lanjutnya ”Kendala yang dihadapi petani saat ini adalah kurangnya informasi tentang jenis tanah dan jenis tanaman apa yang tepat untuk tanah tersebut, terkadang yang dilakukan jenis tanah tidak sesuai dengan jenis tanaman yang ditanam sehingga hasilnya kurang maksimal dan kendala lainnya adalah hama terutama monyet yang banyak sekali di desa-desa sekitar.

Seorang peserta, Edy Hendri Kusmiran,Desa Cantung Kiri Hilir Batulasung mengatakan, sebelumnya telah mengikuti pelatihan budi daya peternakan dan sekarang mengikuti pelatihan dasar pertanian, banyak ilmu-ilmu yang bermanfaat didapatkan juga di praktekkan yang bisa kembangkan, apalagi 2 kegiatan ini saling berkaitan terutama dalam usaha pertanian.

”Melalui program ini, semoga taraf hidup warga lebih meningkat dan ilmu yang di dapatkan akan disampaikan kepada warga lainnya yang ingin belajar, agar manfaat ini dirasakan bagi semuanya dan terima kasih kepada perusahaan pabrik semen, selaku orang yang hidup bertetangga wajarlah bila saling bantu satu sama lain”, ditambahkan  Edy.

Akhir kegiatan, perusahaan produsen semen Tiga Roda juga memberikan bantuan bibit tanaman kepada para peserta untuk ditanam dan dikembangkan dilahan mereka yang belum dimanfaatkan. **

Share this article :

0 komentar:

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

Komentar Anda Kami Anggap SPAM Bila Mengandung Unsur SARA, Pornografi, DLL ... !

Pilih Bahasa

 
Address : Jl.Jendral Sudirman No.82 Kabupaten Kotabaru
Telphone : 0812 5138 5020
Em@il : gemasaijaan@gmail.com
Website : www.gemasaijaanonline.info
Copyright © 2011-2016. Gema Saijaan Kotabaru Online - All Rights Reserved