Home » » KM MARTASIAH B II TENGGELAM DI TANJUNG DEWA

KM MARTASIAH B II TENGGELAM DI TANJUNG DEWA

Hak Cipta By : gemasaijaanonline Posting Hari : Rabu, 08 Juni 2011 Jam : 7:47:00 PM



KM. Martasiah BII yang berangkat dari pelabuhan panjang Kotabaru tujuan Desa Geronggang Kecamatan Kelumpang Tengah, Senin siang  (6/6) tenggelam di perairan Tanjung Dewa.
Tim penyelamat bergegas ke tempat kejadian guna evakuasi korban. Tercatat kapal dan speedboat  yang membawa tim penyelamat adalah milik KPPP, Adpel, Dinas Kelautan dan Perikanan Kotabaru, Pelindo III, ITP Tarjun, Arutmin, Thiess dan dibantu masyarakat nelayan.
Belum diketahui dengan pasti penyebab kecelakaan, namun dari informasi yang beredar di Posko KPPP di pelabuhan panjang jalan Cipta Sari Kotabaru, kapal terbalik dan tenggelam dikarenakan gelombang tinggi diiringi cuaca buruk di perairan Tanjung Dewa kapal. Martasiah BII meninggalkan pelabuhan pukul 11.00 wita, dan kurang lebih satu jam kemudian mengalami musibah.
Hingga pukul 21.00 wita, sumber di KPPP (Kepolisian Pelaksana Pengamanan Pelabuhan ) menyebutkan data korban telah berhasil dievakuasi berjumlah 90 orang, dimana 73 orang selamat dan 17 orang meninggal dunia. Korban meninggal dunia 4 jiwa dibawa ke Geronggang, sedangkan 13 jiwa lainnya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotabaru untuk dilakukan otopsi. Korban ini sebagian sudah teridentifikasi dan diperbolehkan pihak RSUD dibawa pulang oleh keluarga.


Dari 73 korban selamat, 25 orang korban berada di Posko Geronggang,  17 di Posko Tanjung Batu dan 31 orang yang dibawa ke Kotabaru. 10 orang menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Kotabaru, sisanya diperbolehkan pulang. Sedangkan 4 orang ABK (Anak Buah Kapal) Martasiah BII masih menjalani pemeriksaan Polrres Kotabaru.
Koordinasi penanganan musibah terus berjalan, di Posko KPPP nampak beberapa Kepala SKPD dan Ketua DPRD Kotabaru Alpidri Supian Noor dan anggota dewan lainnya Muhammad Faruk, H. Gegen Genta. Sementara masyarakat memenuhi pelabuhan menyaksikan proses evakuasi, dan sebagian warga yang sanak kerabatnya ikut menumpang di kapal naas tersebut, mencari kejelasan nasib keluarganya.

Bupati Kotabaru H. Irhami Ridjani saat mendengar informasi kecelakaan berada di luar kota, bergegas pulang dan langsung menuju RSUD Kotabaru dimana Wakil Bupati Rudy Suryana telah beberapa waktu sebelumnya telah berada di rumah sakit milik Pemkab tersebut.
Pada sore hari, informasi dari posko KPPP dinyatakan bahwa kapal Martasiah BII telah berhasil dipindah dari lokasi kecelakaan ke tempat lebih dangkal untuk memudahkan tindakan lebih lanjut dari tim penyelamat. Dan tidak berapa lama Bupati Irhami bersama unsur Muspida lainnya, memutuskan menuju lokasi kecelakaan perairan Tanjung Dewa guna melihat langsung penanganan korban di lapangan.


Pencarian kembali dilakukan Selasa (7/6) sekitar pukul 10.30 wita, korban kembali ditemukan 10 orang meninggal dan 1 orang kritis,  langsung ditangani tim medis dengan ambulance yang sudah disiapkan menuju Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotabaru. Jumlah korban sementara bertambah, yang selamat jadi 74 orang dan yang meninggal dunia 27 orang.
Rabu, (8/6) tim gabungan penyelamat kembali menyisir area kejadian, dan kapal penumpang barang Martasiah II dibawa kedaerah lebih dangkal dikawasan Pulau Nangka dan Pulau Burung, sekitar pukul 9.00 pagi 2 korban ditemukan dan langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotabaru untuk dilakukan otopsi. Identitas korban masih belum diketahui.

Sumber di KPPP (Kepolisian Pelaksana Pengamanan Pelabuhan ) menyebutkan data korban telah berhasil dievakuasi di hari ketiga berjumlah 103 orang, yang mana 74 orang selamat dan yang meninggal dunia 29 orang, diperkirakan ada 2 orang lagi yang belum ditemukan karena info dilapangan mengatakan ada sekitar 105 orang penumpang. (sfr)
Share this article :

0 komentar:

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

Komentar Anda Kami Anggap SPAM Bila Mengandung Unsur SARA, Pornografi, DLL ... !

Pilih Bahasa

 
Address : Jl.Jendral Sudirman No.82 Kabupaten Kotabaru
Telphone : 0812 5138 5020
Em@il : gemasaijaan@gmail.com
Website : www.gemasaijaanonline.info
Copyright © 2011-2019. Gema Saijaan Kotabaru Online - All Rights Reserved