Teluk Temiang Disiapkan Jadi Wisata Unggulan


Baca Juga


Potensi Teluk Temiang
Potensi Teluk Temiang

Dinas Pemuda dan Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) siap    benahi beberapa objek wisata andalan di Kabupaten Kotabaru. Salah satunya menjadikan Teluk Temiang, Kecamatan Pulau Laut Barat menjadi salah satu destinasi unggulan.

"Karena potensi yang dimiliki Teluk Temiang memang luar biasa dan layak untuk dijadikan kawasan pariwisata unggulan, potensi yang dimiliki adalah pemandangan bawah laut dan terumbu karang yang dimiliki tempat itu", ungkap Kepala Disporabudpar, Armadi Tamajo. Tahap awal untuk mewujudkan hal tersebut, lanjutnya, tahun ini Disporabudpar akan mengembangkan warga sadar wisata (darwis) di desa Teluk Temiang, selain itu juga akan mendidik seorang untuk kursus diving (menyelam).

"Rencananya akan dikursuskan selama 8 bulan di Bali, persiapan-persiapan ini dilakukan untuk menjadikan Kotabaru sebagai tempat yang layak untuk dikunjungi, dengan banyaknya potensi wisata", katanya.

Sementara itu, beberapa objek wisata yang sudah eksis seperti Pantai Gedambaan dan Air Terjun Tumpang Dua juga akan terus dikembangkan, objek wisata tersebut akan terus dibenahi.

Disporabudpar akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk membuka trayek baru di Tumpang Dua dan Gedambaan. Untuk tahap awal nantinya, Disporabudpar akan mengadakan angkutan ke tempat tersebut dengan menggunakan bus wisata yang ada.

Selain itu, Diporabudpar juga akan mengembangkan seni budaya berbasis lokal, dan harus memiliki ciri khas tersendiri untuk kabupaten Kotabaru.

Banyaknya suku yang ada di Kotabaru menjadikan kabupaten ini kaya dengan seni dan budaya dari suku-suku yang ada, selanjutnya pemerintah akan melestarikan dan pengembangan budaya tersebut dengan ciri khas lokal.

"Misalnya seperti japin, balamut, mamanda, serta beberapa budaya lainnya tapi memiliki khas lokal, itu yang sekarang ini akan dikembangkan", demikian Armadi.
Share on Google Plus

Tentang gemasaijaanonline

Gema Saijaan Online memberikan informasi seputar Kabupaten Kotabaru untuk ikut mencerdaskan anak bangsa

0 Comments :

Posting Komentar