Home » » KOTABARU SIAP BERLAKUKAN KTP ELEKTRONIK

KOTABARU SIAP BERLAKUKAN KTP ELEKTRONIK

Hak Cipta By : gemasaijaanonline Posting Hari : Rabu, 11 Mei 2011 Jam : 4:25:00 PM

 
GEMA – Dalam kesiapan Kabupaten Kotabaru menerapkan eKTP berbasis eketronika, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil melatih tenaga pengelola (operator) SIAK.

Pelatihan tenaga pengelola (operator) SIAK (Sistem Informasi dan Administrasi Kependudukan) berlangsung selama dua hari di Aula Gedung Abdi Negara Lantai III, dibuka secara resmi oleh Bupati Kotabaru H. Irhami Ridjani. Bertujuan untuk meningkatkan kemampuan SDM dalam penerapan eKTP berbasis Elektronik ini, peserta pelatihan adalah perwakilan dari 20 kecamatan,

Diperoleh keterangan bahwa Kotabaru adalah salah satu kabupaten di Indonesia dari 197 Kabupaten/Kota yang siap melaksanakan penerapan eKTP Elektronik pada tahun ini. Penerapan SIAK ini diharapkan adanya ketertiban administrasi kependudukan, dan warga masyarakat akan mempunyai hanya satu Nomor Induk Kependudukan (NIK), dengan demikian dapat meminimalisir KTP ganda.

Bupati Kotabaru H. Irhami Ridjani dalam arahannya mengatakan, diantara sekian banyak Kabupaten/Kota di Indonesia, tentu suatu kebanggaan bagi Kabupaten Kotabaru diberikan kesempatan menerapkan eKTP elektronik 2011 berbasis NIK. Diharapkan para peserta pelatihan dari kecamatan dapat mensukseskan program ini melalui pelatihan dengan serius dan sungguih-sungguh.

Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil Ir. H. Hasbi M Tawab, SH, MM mengatakan, dalam seratus hari kerja kedepan, pihaknya akan menyelesaikan pengambilan gambar dan rekaman sidik jari sebanyak 224 ribu penduduk. Untuk mengejar target tersebut setiap kecamatan akan ada 4 hingga 6 orang operator dan untuk peralatan  setiap kecamatan akan dibagikan dua set.

Pelatihan ini akan kembali dilakukan pada bulan Juni – Juli 2011, agar para peserta operator kecamatan bisa lebih mengetahui apa itu SIAK dan cara setting peralatan juga mengetahui cara pengambilan gambar dan rekaman sidik jari. fjr




                                                                                 

Share this article :

0 komentar:

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

Komentar Anda Kami Anggap SPAM Bila Mengandung Unsur SARA, Pornografi, DLL ... !

Pilih Bahasa

 
Address : Jl.Jendral Sudirman No.82 Kabupaten Kotabaru
Telphone : 0812 5138 5020
Em@il : gemasaijaan@gmail.com
Website : www.gemasaijaanonline.info
Copyright © 2011-2016. Gema Saijaan Kotabaru Online - All Rights Reserved